Memulai Pemrograman C/C++ #2

Untuk menjalankan program  menggunakan Visual C++ 6, Anda dapat menekan F5, atau menjalankan menu Run. Jika menggunakan Turbo C++, tekan menu Alt+R. Program di atas membuat dua buah variabel bernama nama yang bertipe char yang dapat menampung sekitar 30 karakter, dan variabel umur yang dapat menampung bilangan bulat. Untuk menerima input, digunakan fungsi scanf dengan dua parameter, yaitu tipe data penerima dan nama variabel penampung. Fungsi printf digunakan untuk menampilkan string dan data yang ingin ditampilkan dengan menggunakan variabel yang ada. Fungsi getch() akan mendeteksi penekanan sembarang input dari user untuk keluar.

Jika Anda menggunakan C++, struktur tubuh programnya tidak jauh berbeda dari struktur berikut.

/* Program C++ untuk menerima input dari user lalu menampilkan
datanya
Dibuat oleh Widodo Budiharto
Tanggal 20 Februari 2004 */
#include
#include
int main()
{
int umur;
char nama[30];
cout< Komputer”< cout< getch();
return 0;
}

Simpan program ini dan beri nama hello.cpp. Pada program C++ di atas, C++ menggunakan header file yang umum, yaitu iostream.h untuk menerima dan menampilkan data, berbeda dengan C yang menggunakan header file stdio.h. Untuk menerima data digunakan fungsi cin dan untuk menampilkan data digunakan fungsi cout.
Fungsi \n digunakan untuk mengganti baris, begitu juga fungsi endl. Beberapa fungsi lain yang cukup terkenal adalah \t untuk tabulasi dan \b untuk bell. Jika program dijalankan, tampilan dengan Turbo C++ akan terlihat seperti gambar berikut.

Jika Anda membuatnya melalui editor di Linux, kompilasi dapat dilakukan melalui terminal menggunakan gcc sebagai berikut:

gcc -o hello hello.cpp

Kode di atas akan menghasilkan output hello dari file sumber bernama hello.cpp. Anda cukup mengetikkan ./hello saja dan program akan tampil.


Tinggalkan komentar